Semarang Indonesia – November Saintek merupakan salah satu agenda besar di Fakultas Sains dan Teknologi yang diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian acara memperingati hari lahir Fakultas Sains dan Teknologi (FST), UIN Walisongo Semarang. DEMA Fakultas Sains dan Teknologi, menerima amanat fakultas untuk menyelenggarakan November Saintek dengan kegiatan yang mencerminkan rasa syukur sekaligus sebagai sarana pengembangan mahasiswa Saintek di setiap jurusan.

Tahun 2021 ini, Fakultas Sains dan Teknologi memperingati hari lahir FST yang ke-6 dengan tema “Jelajah Kreativitas Menuju Era Digital Berkualitas”. Dema bekerja sama dengan HMJ dan UKM di lingkungan FST mengadakan serangkaian acara yang digelar di Gedung Teater FST dan Gedung SGS, Kampus III UIN Walisongo Semarang. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Dekan III, Dr. Hj. Nur Khasanah, M.Kes. dengan simbol pemukulan gong sebanyak sembilan kali dan dilanjutkan dengan seminar nasional secara daring. Webinar tersebut menghadirkan Bani Adil, Konten Kreator Candra Liow.

Pada 15-18 November 2021, juga diadakan rangkaian acara selanjutnya yaitu pelaksanaan lomba-lomba yang diikuti oleh mahasiswa antarjurusan. Adapun cabang lomba tersebut adalah karaoke, essay, artikel, video kreatif, futsal, volly, tarik tambang, dan rangking 1. Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan pengumuman para juara. Berikut ini adalah perincian  dan pengumuman juara-juara dengan Juara Umum dari HMJ Biologi, Juara 2 dari HMJ KIMIA, Juara 3 HMJ Matematika, Juara 4 HMJ Fisika, dan Juara 5 HMJ TI.

Rangkaian kegiatan November Saintek tahun 2021 ini antara lain: (1) pembukaan; (2) webinar nasional; (3) perlombaan; (4) pemotongan tumpeng dan pengumuman juara lomba; dan (5) penutup. Acara akbar ini melibatkan Dema Saintek sebagai pelaksana utama dengan pesertanya adalah mahasiswa tingkat jurusan di lingkup FST yang masing-masing dikoordinasikan oleh HMJ masing-masing (HMJ Matematika, HMJ Fisika, HMJ Biologi, HMJ Kimia, dan HMJ Teknologi Informasi), dan SEMA sebagai Badan Pengawas kegiatan.

Mahasiswa Fakults Sains dan Teknologi menyambut baik acara tersebut karena dapat dijadikan sebagai ajang untuk menyalurkan bakat dan hobi. Oleh karena itu, Ketua Dema FST, Dannie Rovie Assan, mengharap Kegiatan November Saintek dapat diadakan setiap tahun dengan lebih baik dan lebih meriah lagi. Adanya pandemi jangan dijadikan sebagai penghalang untuk melakukan berbagai kegiatan tetapi justru harus dijadikan semangat dengan memutar otak dan pikiran dengan menemukan kegiatan baru.  Rangkaian kegiatan November Saintek sekaligus dapat dijadikan sebagai sarana untuk menyaring bibit-bibit mahasiswa FST dalam segala bidang sehingga apabila ada kompetisi sejenis maka FST lebih siap dalam menghadapi tantangan dari mahasiswa di fakultas lainnya misalnya pada ajang Orsenik. “Orsenik tahun 2021 ini FST berhasil menjadi Juara Umum 2. Hal ini menandakan FST sudah siap jika disejajarkan dengan fakultas lain. Harapan untuk FST ke depan adalah semoga semakin bertambah umur semakin progresif, bersinergi, dan dapat menjadi panutan fakultas yang lain. (Humas FST)