Semarang Indonesia – Jumat (29/10) tenaga kependidikan dan tenaga kebersihan Fakultas Sains dan Teknologi (FST), UIN Walisongo Semarang, melakukan kunjungan kerja ke Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tujuan diadakannya benchmarking tersebut adalah untuk menguatkan pelayanan akademik, kemahasiswaan dan mengoptimalkan bidang kebersihan di lingkungan FST UIN Walisongo Semarang. Kepala Bagian Tata Usaha FST UIN Walisongo Semarang, Muh. Kharis, SH. MH., memimpin langsung rombongan FST UIN Walisongo yang terdiri dari 10 tenaga kependidikan dan 4 tenaga kebersihan.

Wakil Dekan II, FST UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Arifah, didampingi Kabag Tata Usaha, Bapak Muhamad Rofi serta Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan menyambut rombongan FST UIN Walisongo Semarang dengan baik. Sebagai salah satu ajang silaturahmi dalam acara tersebut kedua pihak saling memperkenalkan satu sama lain.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan II FST UIN Sunan Kalijaga mewakili Dekan, mengucapkan terima kasih kepada Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang atas kunjungan kerjanya ke  FST UIN Sunan Kalijaga yang dalam hal ini adalah tenaga kependidikan dan tenaga kebersihan yang dipimpin langsung oleh Kabag. Tata Usaha FST UIN Walisongo. Selanjutnya disampaikan pula bahwa pihak FST UIN Sunan Kalijaga mempersilakan rombongan FST UIN Walisongo untuk melihat lebih dekat berkenaan dengan pelayanan akademik dan kemahasiswaan serta kebersihan, yang akan didampingi oleh Kabag. TU Bapak M. Rofi beserta Kasubag Akademik. Wakil Dekan II juga menambahkan bahwa prodi yang ada di UIN Sunan Kalijaga hanya prodi murni sains sedangkan prodi pendidikan masuk ke Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK).

Kabag Tata Usaha FST UIN Walisongo Semarang, Muh. Kharis, S.H., M.H. selaku ketua rombongan mengucapkan terima kasih kepada Dekan FST UIN Sunan Kalijaga  yang telah berkenan dan bersedia menerima kunjungan. Selanjutnya disampaikan pula salam dari Dekan FST UIN Walisongo kepada Dekan FST UIN Sunan Kalijaga. Dalam sambutannya selain memperkenalkan pegawai satu per satu, Kabag TU FST UIN Walisongo juga menyampaikan tugas pokok dan fungsinya serta maksud dan tujuan kunjungan kerja. “Kami ingin belajar, melihat secara langsung tentang pelayanan akademik, kemahasiswaan, dan pengelolaan kebersihan, dengan harapan setelah melakukan kunjungan akan menambah wawasan dan mengambil contoh yang lebih baik agar dapat bekerja lebih maksimal  dalam melakukan pelayanan,” ungkap Muh. Kharis.

Berkenaan dengan pelayanan akademik, kemahasiswaan, dan pengelolaan kebersihan dijelaskan secara detail dan jelas oleh Kabag TU FST UIN Sunan Kalijaga, Bapak M. Rofi. Selanjutnya, Wakil Dekan II juga menambahkan bahwa pengelolaan kebersihan dilakukan oleh pihak ketiga atau outsourcing langsung di bawah universitas. Sementara itu, untuk perawatan taman melibatkan tenaga khusus.

Mengakhiri benchmarking, rombongan FST UIN Walisongo berkeliling secara langsung didampingi oleh Kabag TU FST UIN Sunan Kalijaga. Kunjungan tersebut diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi dan memperkuat hubungan kerja sama yang lebih baik antara FST UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan FST UIN Walisongo Semarang di masa yang akan datang. (Humas FST)