Semarang Indonesia — Smart and Green Campus merupakan slogan UIN Walisongo Semarang dalam mewujudkan We Green yang saat ini sedang digalakkan. Berkenaan dengan hal tersebut keluarga besar Fakultas Sains dan Teknologi kian bersemangat dalam upaya mendukung suksesnya UIN Walisongo menuju kampus hijau ramah lingkungan. Di masa pandemi dengan fokus perkuliahan yang dilaksanakan secara daring dimanfaatkan oleh keluaga besar Saintek untuk mengadakan perawatan, pemeliharaan, penataan ¬†fasilitas gedung dan lingkungan sekitar agar semakin baik. Area kampus dengan suasana yang tidak begitu ramai dinilai kondusif untuk aktivitas perbaikan dan pemeliharaan tanpa harus mengganggu aktivitas akademik.

Kaitannya dengan upaya yang dilakukan untuk menyukseskan Smart and Green Campus, berikut ini adalah komitmen keluarga besar Fakultas Sains dan Teknologi, yaitu: (1) Saintek UIN Walisongo Semarang memiliki program budidaya dan konservasi tanaman yang berpusat di Green House yang dijadikan untuk budidaya tanaman hortikultura dengan teknik hidroponik tujuannya adalah memberikan pelatihan kepada civitas UIN Walisongo baik dosen maupun mahasiswa mengenai teknik budidaya tanaman yang efektif dan bersifat organik; (2) Fakultas Sains dan Teknologi mengeluarkan Surat Himbauan Pengurangan Emisi Kendaraan yang telah ditandatangani oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi; (3) Fakultas Sains dan Teknologi mengadopsi Surat Keputusan Rektor UIN Walisongo yang membahas Pedoman Pengelolaan Kampus Ramah Lingkungan; (4) seluruh bangunan gedung Fakultas Sains dan Teknologi menerapkan desain yang menunjang program penghematan penggunaan listrik; (5) sebagai upaya pelestarian lingkungan lainnya  Fakultas Sains dan Teknologi telah memasang lampu LED dengan menggunakan sensor gerak serta dapat menyala secara otomatis dan telah memanfaatkan kran otomatis yang dapat mengontrol debit air.

Fakultas Sains dan Teknologi berupaya seoptimal mungkin mewujudkan kampus UIN Walisongo Semarang sebagai green campus. Ke depan Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang akan senantiasa melakukan inovasi-inovasi dalam upaya mengelola kampus ramah lingkungan sebagai implementasi Surat Keputusan Rektor No. 91 Tahun 2019 tentang Pedoman Pengelolaan Kampus Ramah Lingkungan yaitu dengan bersama-sama berkomitmen dalam membangun budaya peningkatan efisiensi energi, konservasi sumber daya, dan peningkatan kualitas lingkungan. (Humas FST)