Semarang Indonesia – Senin (6/2) Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang mengelar rapat dosen evaluasi semester gasal tahun 2022/2023 dan persiapan semester genap tahun 2022/2023. Rapat tersebut digelar secara offline bertempat di ruang teater lantai 4, Gedung IsDB Syarif Hidayatullah.

Adapun kegiatan berlangsung tertib dengan pembahasan materi yang kompleks berkenaan dengan kegiatan akademik yang telah dilaksanakan dan rencana kegiatan akademik semester genap. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Dr. H. Ismail, M.Ag. memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan rapat secara langsung. Dalam sambutannya disampaikan terima kasih, agenda kerja, serta harapan dalam kegiatan akademik yang telah purna dan periode yang akan diselenggarakan.

“Alhamdulillah dari capaian indikator utama yang disampaikan oleh Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI) bahwa Indeks Kinerja Utama (IKU) Fakultas Sains dan Teknologi kinerjanya paling tertib, paling lengkap sehingga mencapai IKU terbaik di tahun 2022. Memang dalam pencapaian IKU masih ada kekurangan maka mari kita tingkatkan dengan komitmen bersama agar lebih baik dan lebih sukses. Pada tahun ini mari kita kembali bekerja sama meningkatkan kapasitas, kualitas, dan pelayanan yang terbaik untuk mahasiswa. Selanjutnya terkait enam jalur penerimaan mahasiswa baru mari kita saling membantu untuk sosialisasi dan melakukan hal-hal yang dipandang efektif sehingga target PMB tahun ini dapat tercapai,” ungkap Dekan FST.

“Kemudian mohon doa restu bahwa pada tahun 2023 ini terdapat tiga program studi yang akan reakreditasi yaitu Prodi Pendidikan Fisika pada bulan Maret, Prodi Pendidikan Kimia pada bulan Juni, dan Prodi Pendidikan Matematika pada bulan Oktober. Semoga akreditasi ketiga program studi tersebut meraih hasil unggul. Kaitannya dengan rekognisi internasional, 14 Fakultas Sains dan Teknologi, PTKIN, sepakat untuk menuju akreditasi internasional ASIIN. Oleh karena itu, maka pada tahun 2023 ini mari kita mantapkan kembali agar prodi fakultas kita terakreditasi internasional. Satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah masalah kedisiplinan pada presensi kehadiran, tolong hindari lupa presensi. Terakhir semoga kegiatan akademik pada semester genap tahun 2022/2023 ini berjalan lancar dan sukses,” ungkap Dekan FST mengakhiri sambutannya.

Rapat dosen yang dipandu oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Muh. Kharis, M.H., diawali dengan paparan materi Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. H. Nur Khoiri, M.Ag. Materi yang disampaikan berkenaan dengan administrasi umum, perencanaan, dan keuangan di Fakultas Sains dan Teknologi pada tahun 2022 dan rencana anggaran di tahun 2023.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Hj. Nur Khasanah, M.Kes. Materi yang disampai berkaitan dengan kegiatan mahasiswa bidang penalaran dan keilmuan; kerja sama di tahun 2022; kerja sama sekolah/madrasah dan instansi; prestasi mahasiswa tahun 2022; student mobility; KKL dan pengabdian internasional; pembinaan mahasiswa; pengembangan bakat minat mahasiswa; kesejahteraan mahasiswa; pembekalan calon alumni; dan tracer study.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. H. Saminanto, M.Sc., menyampaikan tiga hal utama yaitu: (1) evaluasi dam hasil monev capaian semester gasal 2022/2023; (2) persiapan semester genap 2022/2023; dan (3) program tahun 2023. Melalui materi tersebut disampaikan bahwa secara umum IKU bidang akademik melampaui. Sementara IKU yang belum tercapai di tahun 2022 dengan kerja keras FST diharapkan dapat tercapai pada tahun 2023. Selanjutnya disampaikan bahwa penilaian kinerja dosen (EDOM dengan 17 item) meningkat dengan rata-rata 4,55. Selain itu, disampaikan pula materi berkenaan dengan perwalian, kalender akademik, dan rincian program tahun 2023.

Pada kesempatan tersebut Ketua Gugus Penjaminan Mutu (GPM), Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Suwahono, M.Pd., menyampaikan hasil penilaian Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa (EDOM) dan dosen produktif. Berdasarkan penilaian sepuluh dosen produktif di Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang tahun 2022, yaitu: (1) Rais Nur Latifah, M.Si. (Prodi Kimia); (2) Dr. Lianah, M.Pd. (Prodi Biologi); (3) Dr. Sri Mulyanti, M.Pd. (Pendidikan Kimia); (4) Saifullah Hidayat, S.Pd., M.Sc. (Prodi Pendidikan Biologi); (5) Mohamad Tafrikan, M.Si. (Prodi Matematika); (6) Wiwik Kartika Sari, M.Pd. (Prodi Pendidikan Kimia); (7) Kustomo, M.Sc. (Prodi Kimia); (8) Yolanda Norasia, M.Si. (Prodi Matematika); (9) Dr. Malikhatul Hidayah, M.Pd. (Prodi Kimia); dan (10) Dr. Hamdan Hadi Kusuma, M.Sc. (Prodi Fisika). Untuk program studi terproduktif tahun 2022 adalah Prodi Kimia, Prodi Pendidikan Kimia, dan Prodi Matematika. Sementara itu, nilai EDOM tertinggi dosen Fakultas Sains dan Teknologi tahun 2022 adalah Heni Sumarti, M.Si. (Prodi Fisika), Sri Rahmania, M.Pd. (Prodi Pendidikan Kimia), dan Saifullah Hidayat, S.Pd., M.Sc. (Prodi Pendidikan Biologi). (Humas FST)