Semarang Indonesia – Rabu (18/1) Program Studi Pendidikan Fisika mengadakan Focus Group Discussion (FGD) 1 Penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED) Akreditasi Program Studi Kependidkan (APSK) dan Unit Pengelola Program Studi (UPPS) pada Prodi Pendidikan Fisika pada Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Kegiatan yang diselenggarakan secara blended tersebut bekerja sama dengan Perkumpulan Prodi Pendidik Fisika Indonesia (P3FI).
Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. H. Ismail, M.Ag. hadir memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan FGD. Dalam sambutannya disampaikan terima kasih kepada tim akreditasi baik dari fakultas maupun program studi, panitia penyelengara, serta narasumber yang berkenan untuk berbagi dan memberikan penguatan agar akreditasi Program Studi Pendidikan Fisika berjalan dengan lancar dan sukses.
“Hari ini merupakan salah satu upaya Program Studi Pendidikan Fisika agar meraih predikat unggul seperti harapan kita bersama. Oleh karena itu, bapak dan ibu tim akreditasi dapat menggunakan kesempatan FGD ini untuk update informasi dan mencermati aspek-aspek apa saja yang perlu diperbaiki dan disempurnakan. Mari kita buka acara FGD ini dengan melafalkan Umum Kitab bersama-sama,” ungkap Dekan FST mengakhiri sambutannya.
Sementara itu, berkenan untuk menyampaikan prakata dan berbagi informasi adalah ketua Perkumpulan Prodi Pendidik Fisika Indonesia (P3FI), Dr. Adam Malik, M.Pd. Dalam prakata tersebut disampaikan berbagai informasi terkait berbagai kerja sama yang dilakukan oleh P3FI yaitu Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM), akreditasi, pertukaran dosen antarprogram studi pendidikan fisika dengan berbagai program studi pendidikan fisika yang bergabung dalam P3FI.
Sesi materi dibagi menjadi dua sesi yaitu materi best practice akreditasi dan reviu LED Program Studi Pendidikan Fisika. Hadir berbagi pengalaman dan informasi dalam best practice adalah Artha Nesa Chandra, M.Pd. dari UIN Batusangkar dan Zainuddin, M.Pd. dari IAIN Kendari. Setiap pengalaman yang sudah dialami disampaikan mulai penyusunan dan pengiriman LED hingga pada asesmen lapangan.
Hadir untuk memberikan reviu Laporan Evaluasi Diri (LED) Program Studi Pendidikan Fisika, adalah Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D. dari UIN Ar Raniri Aceh. Pada sesi tersebut sembilan kriteria yang sudah disusun dalam LED dibedah dan dibahas secara tuntas berdasarkan sembilan kriteria. Adapun aspek-aspek yang dibahas antara lain: (1) kriteria 1: visi, misi, dan tujuan; (2) tata pamong, kelola, dan kerja sama; (3) kemahasiswaan; (4) Sumber Daya Manusia (SDM); (5) keuangan; (6) kurikulum; (7) penelitian; (8) pengabdian kepada masyarakat; dan (9) luaran. (Humas FST)