Selasa, 29 September 2020 KKL virtual dengan tema Improvisasi Riset Pembelajaran  Daring di Era Kebiasaan Baru. KKL Virtual ini memberikan penguatan dan pengembangan kompetensi profesional mahasiswa relevan dengan profil lulusan program studi. Mahasiswa Pendidikan fisika berjumlah 60 mahasiswa mengikuti KKL Virtual dengan antusias.

Ketua Program Studi Pendidikan Fisika FST UIN Walisongo Semarang melaporkan bahwa KKL Virtual ini merupakan Realisasi untuk penguatan akademik, memberikan wacana dan wawasan kepada mahasiswa untuk kedepan lebih mengetahui tolak ukur menjadi seorang pendidik yang terbaik. Sisi positif perubahan pembelajaran di masa pandemi ini mengikuti kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan kegiatan akademik secara daring dan mengarah pada Modeling pembelajaran yang seiring dengan perkembangan jaman.

Dalam pembukaan KKL Virtual  Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Saminanto, M.Sc. membuka acara KKL Virtual secara resmi dan menghaturkan bahwa KKL Virtual ini dikonsep sebagai bagian dari program percepatan kelulusan mahasiswa. Mahasiswa mendapatkan sharing ilmu, ide inovatif, keterbaruan di bidangnya dan pengalaman terbaik dari narasumber.

Narasumber pertama Dr. Eng. Fahrudin Nugroho, M.Si. Kaprodi S1 Fisika Universitas Gadjah Mada menyajikan materi mengenai Improvisasi pembelajaran Daring dan penggunaan laboratorium di perguruan Tinggi pada era new normal. Best practice terkait tips dan trik dalam pembelajaran daring dengan memperhatikan the flexibility, the ability, access, a cheaper option, a variety, greater opportunity and different a way. Oleh karena itu, penggunaan daring ibarat menara air di Perguruan Tinggi. Produktivitas laboratorium pada massa lockdown kampus masih berjalan dengan sangat memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Namun, untuk kegiatan praktik laboratorium bagi mahasiswa akan diundur setelah kondisi membaik.

Narasumber Kedua Dr. Achmad Samsudin, M.Pd. Kaprodi S1 Pendidikan Fisika UPI memberikan materi mengenai Pembelajaran Daring dan Eksplorasi Riset. Alternatif solusi melakukan eksplorasi pembelajaran interaktif berbantuan komputer yaitu simulasi, video, animasi dan pengembangan bahan ajar. Best practices pembelajaran daring untuk mata kuliah bersifat teori,  teknis pelaksanaannya menggunakn Sinkronous dan Asinkronous. Mahasiswa menggunakan prinsip Every person can learn with technology.

Pengalaman KKL virtual untuk mengimprovisasi Literacy terhadap teknologi, kemandirian terhadap kegiatan belajar dan tingkat pemahaman pelajar terhadap pemakaian teknologi.  Selain itu, mengupgrade inovasi penggunaan laboratorium di perguruan tinggi.

Khusus untuk keterampilan mahasiswa membekalkan mendesign mini riset terkait dengan pembelajaran yang menggunakan teknologi. Relevan dengan kebutuhan dan tantangan masa depan, mahasiswa   dituntut   untuk   lebih   mengenal,   memahami mendalam  dan  keterampilan yang unggul dalam  pengembangan latar belakang bidangnya   untuk   dapat   menjadi   tenaga   kerja   yang   ahli   dan professional.