Semarang Indonesia – Rabu (8/2) Fakultas Sains dan Teknologi menyelenggarakan Rapat Kerja Evaluasi Kinerja Tahun 2022 dan Penyusunan Kerja Anggaran Tahun 2024 serta Penandatanganan Indikator Kinerja Utama (IKU) Tahun 2023. Peserta dalam rapat tersebut meliputi Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK); Dekan Fakultas Sains dan Teknologi; Kepala Satuan Pengawasan Internal (SPI); Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan; Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Alumni; Kepala Bagian Tata Usaha; Kepala Laboratorium Saintek Terpadu; Sekretaris Laboratorium Saintek Terpadu; Ketua Gugus Penjaminan Mutu (GPM); Sekretaris Penjaminan Mutu; Ketua Program Studi; Sekretaris Program Studi FST; Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM); pengelola jurnal di FST; Hilmi Suyanto, S.Ag. Relawan Jurnal Indonesia (RJI); tenaga laboratorium FST; dan tenaga kependidikan FST.

Hadir memberikan sambutan sekaligus membuka agenda rapat adalah Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK), Drs. H. Teguh Sarwono, M.Si.,  menyampaikan salam hormat dari Bapak Rektor yang berhalangan hadir karena pada saat yang sama menghadiri agenda kegiatan lainnya. Kabiro AUPK menyampaikan Program Prioritas tahun 2023 harus diperhatikan dan ditindaklanjuti. Hal penting lain yang perlu dilakukan adalah internasionalisasi program berkaitan dengan pihak luar negeri; percepatan guru besar; giatkan kegiatan penelitian; pengefektifan tata kelola kepegawaian; kegiatan moderasi beragama; serta peningkatan kedisiplinan. Selain itu, disampaikan pula perlunya peningkatan peringkat Webometrics Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Kepala Satuan Pengawasan Internal (SPI), Dr. Andi Fadllan, M.Pd. menyampaikan bahwa IKU tahun ini lebih ringkas. Selain itu, disampaikan pula bahwa dokumen IKU FST paling rapi dan capaian kinerjanya bagus. Hal-hal penting lain yang disampaikan adalah: IKU rektor (Renstra Ditjen Pendis, Renstra DIT PK BLU, Renstra UIN Walisongo); perubahan IKU Rektor dan Dekan; rumusan IKU 2023; IKU Fakultas Sains dan Teknologi; dan program prioritas 2023 (internasionalisasi program, percepatan guru besar, keluaran dan dana penelitian, optimalisasi aset dan percepatan kerja sama).

Dekan  Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. H. Ismail, M.Ag., dalam materinya menegaskan bahwa penyusunan program harus mengacu tercapainya visi misi UIN dan FST UIN Walisongo. Adapun kebijakan Program Fakultas Sains dan Teknologi pada tahun 2023-2024, meliputi: (1) Indikator Kinerja Utama (IKU) Rektor UIN Walisongo Tahun 2023 (Kontrak Rektor dengan Dirjen Pendis Kemenag RI dan PK BLU); (2) Program Kerja dan Kebijakan Rektor UIN Walisongo Tahun 2023: (3) mempertimbangkan Rencana Bisnis dan Anggaran Fakultas Sains dan Teknologi tahun 2023; (4) implementasi rambu-rambu dan tagihan indikator dalam dokumen akreditasi program studi; (5) program wajib-rutin, pengembangan, dan pendukung; serta (6) secara detail dirumuskan dan dimusyawarahkan bersama pada bidang wakil Dekan I, II, III, dan program studi.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Saminanto, M.Sc. menyampaikan hal-hal penting, antara lain: capaian IKU tahun 2022; realisasi program tahun 2023; rencana program tahun 2024; dan perbedaan kriteria IKU 2022 dan 2023. Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan; Dr. H. Nur Khoiri, M.Ag. menyampaikan tentang capaian IKU FST tahun 2022 yang meliputi IKU tercapai dan yang belum tercapai sehingga perlu kerja sama dari seluruh lini FST agar pada tahun ini dapat tercapai. Adanya kegiatan workshop dan benchmarking perlu dilakukan oleh setiap tim yang ada di FST sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas. Selain itu, disampaikan pula hal-hal berkenaan dengan target IKU satu semester dan satu tahun, program kerja tahun 2023, dan rencana program kerja tahun 2024.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Alumni; Dr. Hj. Nur Khasanah, M.Kes. menyampaikan beberapa hal meliputi: kepengurusan ORMAWA 2023; perjanjian kinerja tahun 2023; peningkatan jumlah mahasiswa; tracer study; mahasiswa yang berkegiatan di luar kampus; mahasiswa berprestasi nasional dan internasional; prodi terakreditasi; skor rata-rata terakreditasi; program studi dengan reputasi internasional; indeks kepuasan pengguna lulusan; indeks kepuasan layanan akademik dan nonakademik. Selain itu, juga disampaikan jumlah dana penelitian yang diperoleh dari lembaga di luar perguruan tinggi; jumlah dana pengabdian kepada masyarakat yang diperoleh dari lembaga di luar perguruan tinggi; persentase dosen yang berkegiatan Tridharma di kampus lain berdasarkan bidang ilmu, sebagai praktisi, atau membina mahasiswa; realisasi PNBP BLU, jumlah pendapatan BLU yang berasal dari pengelolaan aset tetap dan kerja sama; serta peringkat institusi Webometrics di Indonesia.

Selain berdiskusi dalam sesi materi para peserta rapat juga melakukan kegiatan focus group discussion (FGD) dalam lima tim, yaitu pimpinan fakultas, tim laboratorium, tim GPM/GKM, tim pengelola jurnal, dan tim tenaga kependidikan. Kegiatan rapat kerja ini sekaligus untuk penandatanganan IKU para Wakil Dekan, Kabag Tata Usaha, Kepala Laboratorium Saintek Terpadu, Ketua Program Studi, dan Sekretaris Program Studi. Kegiatan penandatanganan disaksikan secara langsung oleh Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK); Kepala Satuan Pengawasan Internal (SPI); dan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi. Kegiatan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Edi Daenuri Anwar, M.Si., Sekretaris Prodi Pendidikan Fisika. (Humas FST)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *