Semarang, Indonesia— Koordinasi diperlukan dalam setiap kerjasama secara tim. Hal ini dilakukan untuk memberikan evaluasi mengenai program-program yang sudah terlaksana dan mematangkan rencana-rencana yang telah dirangkum dalam sebuah agenda. Untuk mencapai kemajuan dalam berbagai aspek maka salah satu bentuk koordinasi adalah diadakannya rapat koordinasi. Oleh karena itu, berkaca dari hal tersebut pada hari Kamis (4/2) Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, mengadakan Rapat Evaluasi Semester Gasal dan Persiapan Semester genap tahun 2020/2021. Adapun susunan acara rapat tersebut adalah sebagai berikut: (1) pembukaan; (2) menyanyikan lagu Indonesia Raya; (3) doa; (4) sambutan sekaligus pengarahan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi; (5) laporan bidang akademik dan kelembagaan; (6) laporan bidang administrasi umum perencanaan dan keuangan; (7) laporan bidang kemahasiswaan, kerjasama, dan alumni; (8) diskusi; dan (9) penutup.

Rapat yang dihadiri oleh 133 peserta itu dilaksanakan secara daring. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan virus Covid-19. Namun, meskipun tidak dilaksanakan secara tatap muka seperti tahun sebelumnya, rapat tersebut berlangsung khidmat dan lancar sehingga memberikan pencerahan yang akan dijadikan sebagai bekal untuk meningkatkan kualitas Fakultas Sains dan Teknologi dari berbagai aspek di masa yang akan datang.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang, Dr. H. Ismail, M.Ag., dalam sambutannya mengucap syukur kepada Allah atas tercapainya keberhasilan-keberhasilan yang diraih oleh Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo yang ditandai dengan berbagai indikator yaitu sembilan program studi yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi sudah terakreditasi dengan rincian tiga program studi terakreditasi A, lima program studi terakreditas B, dan satu akreditasi terakreditas Baik. Ke depan diharapkan semua program studi dapat menunjukkan peningkatan. Sementara itu, keberhasilan lain ditunjukkan dengan terakreditasinya jurnal-jurnal di Fakultas Sains dan Teknologi; yaitu: (1) Jurnal Phenomenon (Sinta 3); (2) JNSMR (Sinta 3); (3) Al Hayat (Sinta 4); (4) Walisongo Journal of Chemistry (Sinta 3); dan Journal of Educational Chemistry (Sinta 3).

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang juga memberikan motivasi kepada dosen untuk segera melanjutkan dan menyelesaikan studi S3 sebagai salah satu langkah peningkatan Sumber Daya Manusia. Dalam sambutannya beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar FST baik dari dosen, dosen tetap nonPNS, dosen luar biasa, dan tenaga kependidikan. Hal ini karena sekecil apapun peran yang diberikan tetap akan memberikan kontribusi yang besar dengan melihat fakta bahwa setiap individu memiliki keistimewaan yang dapat digunakan membangun suatu kekuatan sehingga FST kelak akan menjadi fakultas unggulan yang berhasil mewujudkan visi dan misinya.

Selanjutnya, Wakil Dekan I bidang akademik dan kelembagaan, Dr. Saminanto, M.Sc., dalam laporannya secara rinci menyampaikan capaian positif yang berhasil diraih oleh Fakultas Sains dan Teknologi pada tahun 2020, antara lain: (1) Renstra 2020-2024 (9 kriteria); (2) review kurikulum tahun 2020; (3) pedoman tugas akhir 2020; (4) panduan PPL virtual dan PPL; (5) akreditasi empat prodi dari C menjadi B, TI baik; (6) akreditasi dua jurnal JEC dan WJC langsung sinta 3; (7) artikel jurnal nasional 104 (target 12); (8) artikel jurnal internasional 37 (target 10); (9) buku ISBN 33 (target 3); (10) KHI 71 (target 25); (11) penelitian 27; dan (12) penjaminan mutu GPM dan GKM (presentasi ketua GPM). Sementara itu, melanjutkan paparan dari Wakil Dekan I, dalam pemaparan Monitoring dan Evaluasi (monev) Semester Gasal 2020/2021 yang disampaikan oleh Dr. Suwahono, M.Pd. selaku Ketua Gugus Penjamin Mutu (GPM) FST, diumumkan dosen terbaik dalam melaksanakan pembelajaran di tingkat prodi FST, antara lain sebagai berikut.

 

NO. Program Studi Nama Dosen
1. Pendidikan Biologi 1.       Dr. Nur Khoiri, M.Pd.

2.       Rita Ariyana Nur Khasanah, M.Sc.

3.       Dian Tauhidah, M.Pd.

2. Pendidikan Kimia 1.       Anita Fibonacci, M.Pd.

2.       Resi Pratiwi, M.Pd.

3.       Lis Setiyo Ningrum, M.Pd.

3. Pendidikan Matematika 1.       Muji Suwarno, M.Pd.

2.       Yulia Romadiastri, M.Sc.

3.       Yolanda Norasia, M.Si

4. Pendidikan Fisika 1.       Joko Budi Poernomo, M.Pd.

2.       Qisthi Fariyani, M.Pd.

3.       Susilawati, M.Pd.

5. Biologi 1.       Eko Purnomo, M.Si.

2.       Fajrul Falakh, M.Ling.

3.       Arnia Sari Mukaromah. M.Sc.

6. Kimia 1.       Mulyatun, M.Si

2.       Dr. Eng. Annisa Adiwena Putri, M.Sc.

3.       Dr. Ervin Tri Suryandari, M.Si.

7. Fisika 1.       Hartono, M.Sc.

2.       Irman Said Prastyo, M.Sc.

3.       Muhammad Ardhi Khalif, M.Sc.

8. Matematika 1.       Agus Wayan Yulianto, M.Sc.

2.       Eva Khoirum Nisa, M.Si.

3.       Nur Khasanah, M.Si.

9. Teknologi Informasi 1.       Mokhamad Iklil Mustofa, M.Kom,

2.       Nur Cahyo S. T., M.Kom.

3.       Hery Mustofa, M.Kom.

 

Kemudian disampaikan pula dosen terbaik dalam melaksanakan tugas pembelajaran di tingkat fakultas, yaitu: (1) Dosen Terbaik 1, Mulyatun, M.Si. (Prodi Kimia); (2) Dosen Terbaik 2, Anita Fibonacci, M.Pd. (Prodi Pendidikan Kimia); dan (3) Dosen Terbaik 3, Dr. Eng. Annisa Adiwena Putri, M.Sc, (Prodi Kimia). Bentuk apresiasi lain juga diumumkan sepuluh dosen terproduktif dalam program budaya literasi dan publikasi ilmiah nasional dan internasional FST UIN Walisongo tahun 2020, yaitu: (1) Dr. Lianah, M.Pd.; (2) Baiq Farhatul Wahidah, M.Si.; (3)Wirda Udaibah, M.Si.; (4) Mulyatun, M.Si; (5) Hj. Lulu Choirun Nisa, S.Si, M.Pd.; (6) Susilawati, M.Pd.; (7) Saifullah Hidayat, M.Pd.; (8) Teguh Wibowo, M.Pd.; (9) Anita Fibonacci, M.Pd.; dan (10) Ahmad Fauzan Hidayatullah, M.Si.

Sementara itu, dalam laporannya, Wakil Dekan II bidang administrasi umum, perencanaan dan keuangan, Dr. H. Nur Khoiri, M.Ag. menyampaikan mengenai rincian Anggaran Belanja 2021. Anggaran belanja terbagi dalam beberapa penganggaran dari BLU (Badan Layanan Umum), BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri), dan anggaran RM OP. Karena tahun anggaran 2021 Fakultas Sains dan Teknologi naik dari tahun 2020, maka perlu kerja keras dan kerja cerdas agar anggaran dapat terserap dengan maksimal serta terlaksana dengan baik, tambahnya.

Setelah pemaparan laporan dari beberapa bidang, moderator memberikan kesempatan untuk berdiskusi sebagai langkah untuk menyamakan persepsi dan mempertajam keputusan-keputusan sehingga ke depan dapat digunakan untuk memantapkan agenda-agenda khususnya untuk menyukseskan akademik semester genap tahun akademik 2020/2021 di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Semarang. Baik Dekan dan Wakil Dekan berharap semoga dengan adanya rapat koordinasi ini Fakultas Sains dan Teknologi dapat meningkatkan kemajuan-kemajuan di tahun 2021 ini dalam upaya mewujudkan visi Fakultas yaitu menjadi Fakultas Terkemuka dalam Riset dan Pendidikan di Bidang Sains dan Teknologi Berbasis Kesatuan Ilmu Pengetahuan untuk Kemanusiaan dan Peradaban pada Tahun 2038. Semoga! (Humas FST)