Semarang Indonesia – Salah satu kekuatan yang selama ini menjadi penunjang ekonomi Indonesia dan daerah yaitu Industri Kecil Menengah atau yang biasa disebut dengan IKM, di mana di dalamnya terdapat segala aktivitas produksi berbagai jenis barang yang digunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari. IKM mencakup seluruh kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku dan memanfaatkan sumber daya industri sehingga menghasilkan barang yang menghasilkan nilai tambah dan manfaat yang lebih tinggi. Seperti sekarang ini, persaingan global dalam dunia usaha kini sudah sangat ketat. Dimana para pelaku usaha dituntut harus semakin kreatif dalam memasarkan usahanya termasuk dari segi penampilan kemasan produknya.
Di era industri 4.0 ini banyak sekali hal yang mempengaruhi tingkat penjualan pada dunia usaha, salah satunya faktor desain kemasan produk. Kemasan produk ini merupakan hal pertama yang dilihat oleh calon customer sebelum mereka membeli produk para pelaku usaha. Sehingga desain kemasan produk ini seharusnya dapat menjadi perhatian lebih bagi para pelaku IKM agar mereka semakin kreatif dan inovatif dalam membuat kemasan produk mereka agar lebih menarik perhatian calon customer.
Pelatihan dilaksanakan di kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Semarang pada Senin, 20 Maret 2023 dengan tema “Koordinasi, Sinkrinsi & Pelaksanaan Pembangunan Sumber Daya Industri”. Kegiatan pelatihan berlangsung dengan sukses yang dihadiri oleh perwakilan dari Diskumperindag Kabupaten Semarang, Bapak Didik Setiawan selaku sekretaris Diskumperindag Kabupaten Semarang dan Kepala Jurusan Kimia UIN Walisongo Semarang, Ibu Dr. Malikhatul Hidayah, S.T., M.Pd., MT. Sasaran kegiatannya merupakan pelaku IKM di Kabupaten Semarang.
Peserta pelatihan sangat antusias selama mengikuti kegiatan dan berterima kasih karena mendapatkan banyak wawasan mengenai desain produk yang menarik diantaranya produk dengan bahan kemasan seperti apa yang sesuai dengan produk makanan kering, desain seperti apa yang menarik bagi target pasar tertentu dan masih banyak lagi. Ke depan setelah diadakan pelatihan ini diharapkan para pelaku IKM mampu memasarkan produk secara langsung maupun digital dengan desain kemasan produk yang lebih menarik. (Prodi Kimia/Humas FST)