Laboratorium Sains dan Terpadu (LST) FST UIN Walisongo gelar Workshop Peningkatan Manajemen Laboratorium. Workshop ini dilaksanakan pada Kamis, 19 September 2024 di Gedung ICT Center UIN Walisongo Semarang. Workshop ini bertema “Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, Penelitian, dan Pengujian. Hal ini dianggap penting untuk meningkatkan mutu atau manajemen laboratorium sesuai dengan tuntutan zaman yang semakin dinamis dan global serta bekal bagi LST menuju akreditasi laboratorium sesuai standar ISO 17025:2017. Workshop ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Ibu Dr. Atik Rahmawati, M.Si, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Ibu Dr. Ervin Tri Suryandari, M.Si, Kepala Bagian Tata Usaha Bapak Muh. Kharis, S.H., M.H, serta para pengelola laboratorium dari laboratorium kimia, fisika, matematika, biologi, teknik informasi dan teknik lingkungan, PLP dan asisten praktikum. Workshop ini mengundang narasumber Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T selaku Kepala UPT Laboratorium Terpadu UNDIP dan Dr. Budi Harjo, M.Kom selaku Kepala Laboratorium Komputer Fakultas Ilmu Komputer UDINUS.

Workshop dibuka dengan sambutan dari Kepala Laboratorium LST Bapak Dr. Joko Budi Purnomo, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat agar kinerja LST lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan laboratorium. Sambutan selanjutnya oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Ibu Dr. Atik Rahmawati, M.Si. Beliau menyampaikan terimakasih kepada Narasumber yang berkenan menghadiri dan menyampaikan materi tentang pengelolaan laboratorium pendidikan, penelitian, dan pengujian. Dalam sambutannya, beliau menegaskan pentingnya ikhtiar peningkatan kualitas layanan laboratorium dan menekankan pentingnya standar ISO 17025 sebagai acuan dalam pengelolaan laboratorium untuk meningkatkan akurasi dan keandalan hasil pengujian. 

Selanjutnya penyampaian materi 1 oleh Narasumber Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T dengan judul “Peran Laboratorium Sains untuk Layanan Penelitian dan Pengujian Sesuai Standar ISO 17025:2017”.Dalam presentasinya Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T menjelaskan tentang pentingnya penerapan ISO 17025:2017 dalam meningkatkan kredibilitas dan akurasi hasil penelitian serta pengujian di laboratorium. Dengan begitu, hasil penelitian dan pengujian dapat diandalkan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Selanjutnya penyampaian materi 2 oleh Narasumber Dr. Budi Harjo, M.Kom dengan judul “ Peran Laboratorium Komputer untuk Layanan Pendidikan dan Penelitian”. Dalam pemaparan materinya, Beliau menyoroti pentingnya laboratorium komputer sebagai fasilitas yang mendukung proses pembelajaran dan penelitian di era digital. “Laboratorium komputer tidak hanya berfungsi sebagai tempat belajar, tetapi juga sebagai ruang kreatif di mana mahasiswa dan peneliti dapat mengembangkan proyek, melakukan riset, dan menciptakan solusi untuk berbagai permasalahan,” kata Dr. Budi Harjo.

Selesai penyampaian materi oleh kedua narasumber dilanjutkan Focus Group Discussion (FGD) mengenai “Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan dan Penelitian di Laboratorium serta Problematika Masing-Masing Laboratorium”. Kegiatan ini dipimpin oleh masing-masing kepala bidang laboratorium. Diskusi interaktif berlangsung hangat, dengan peserta membahas berbagai isu, mulai dari aksesibilitas laboratorium hingga ketersediaan fasilitas dan sumber daya. Pada sesi evaluasi, peserta diharapkan untuk menyampaikan ide-ide inovatif guna meningkatkan penggunaan laboratorium. Beberapa ide yang muncul termasuk penyediaan pelatihan untuk pengelola laboratorium dan peningkatan ketersediaan fasilitas dan sumber daya. Dengan suksesnya workshop peningkatan manajemen laboratorium ini, diharapkan peserta dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pengelolaan laboratorium.

(Humas FST)