Semarang Indonesia – Jelang kegiatan penyerahan PLP 1 dan 2 yang akan dilaksanakan pada Senin, 22 Juli 2024, Fakultas Sains dan Teknologi (FST), UIN Walisongo menyelenggarakan kegiatan pembekalan kepada mahasiswa peserta PLP tahun 2024. Kegiatan yang diadakan di Auditorium 2 Kampus III diikuti oleh 430 peserta PLP dari Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Pendidikan Fisika, dan Prodi Pendidikan Kimia, yang akan diterjunkan ke-33 SMA/MA mitra.

Hadir untuk memberikan sambutan dan membuka kegiatan yaitu Dekan FST, Prof. Dr. Musahadi, M.Ag. Dalam sambutannya disampaikan pentingnya memahami empat kompetensi guru profesional yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional sebagai bekal untuk menjalankan tugas sebagai guru praktikan di lokasi PLP. Selain itu, mahasiswa juga diimbau agar dapat menjalankan tugas akademik dan nonakademik dengan sungguh-sungguh serta selalu menjaga nama baik Fakultas Sains dan Teknologi dan UIN Walisongo Semarang.

Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Ibu Ririn Masrikhah, M.Si. yang menyampaikan materi mengenai Implemetasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. Materi yang disampaikan meliputi reasoning pendidikan paradigma baru merdeka belajar, keunggulan kurikulum merdeka, struktur kurikulum merdeka, penerapan profil pelajar Pancarila dengan paradigma baru di program sekolah penggerak, proyek penguatan profil pelajar Pancasila, struktur kurikulum, capaian pembelajaran, struktur kurikulum SMA, fase F untuk kelas XI dan kelas XII, capaian pembelajaran, pembelajaran paradigma baru, pembelajaran berdiferensiasi, lima KSE yang akan ditumbuhkembangkan pada murid, kurikulum prototipe (PSP), profil pelajar Pancasila, ringkasan dimensi dan elemen Profil Pelajar Pancasila.

Narasumber kedua yaitu Ibu Anny Cahyani Dyah Ekowati, S.Pd., Gr. dari SMAN 3 Semarang menyampaikan materi Kode Etik dan Kompetensi Profesional Guru.  Materi yang disampaikan meliputi hakikat guru dan guru profesional, hakikat kode etik guru Indonesia, pedoman sikap dan perilaku, hubungan guru dan peserta didik, hubungan guru dengan orang tua, hubungan guru dengan masyarakat, hubungan guru dengan sekolah dan teman sejawat, empat kompetensi guru yang wajib dimiliki calon guru, serta menjadi guru yang profesional dan beretika.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan peserta PLP. Selanjutnya penjelasan tentang panduan PLP 1 dan 2 yang meliputi penilaian dan pelaporan PLP. Materi tersebut disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Hamdan Hadi Kusuma, M.Sc.

(Humas FST)