Semarang Indonesia—Senin (19/4) jajaran pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang, bersama dengan keluarga besar Fakultas Sains dan Teknologi (FST) yang meliputi dosen, calon dosen, dosen tetap non-PNS, tenaga kependidikan, tenaga laboran, hingga pembersih menggelar pembinaan pegawai secara daring. Meskipun diselenggarakan secara daring, acara pembinaan yang secara rutin dilaksanakan tiga bulan sekali ini dihadiri hampir seluruh keluarga besar FST.

Pembinaan pegawai dilaksanakan sebagai langkah evaluasi dan refleksi diri agar keluarga besar FST baik yang bertanggung jawab di fakultas maupun pada unit-unit di UIN Walisongo Semarang dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Selama tiga bulan ini kinerja seluruh pegawai di FST yang meliputi kedisiplinan dan keaktifan dalam penyelesaian tugas serta tanggung jawab dievaluasi. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut amanah yang diemban oleh pimpinan dalam upaya mengarahkan pegawai di lingkungan FST agar memiliki ghirah untuk memajukan FST.

Sebagai fakultas yang senantiasa berbenah menuju fakultas unggul, jajaran pimpinan di lingkungan FST melakukan segala terobosan untuk kemajuan fakultas. Pembinaan pegawai secara rutin dengan rentang waktu tiga bulan sekali adalah salah satunya. Kegiatan ini diperlukan agar kinerja pegawai semakin berkualitas dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi baik pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat. Adapun pembinaan tersebut berlangsung dengan susunan acara, sebagai berikut: (1) pembukaan, (2) sambutan dan arahan wakil dekan 2, (3) sambutan dan arahan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, (4) sambutan dan arahan wakil dekan 1, (5) tanya jawab, dan (6) penutup.

Wakil Dekan 2, Dr. H. Nur Khoiri, M.Ag, menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bersama yang menjadi salah satu kunci meningkatkan kualitas, di antaranya adalah kedisiplinan, tanggung jawab, dan kebersamaan. Antara pimpinan, dosen, dan tenaga pendidikan harus bersinergi agar mampu meningkatkan kinerjanya secara lebih optimal. Oleh karena itu, pegawai yang bernaung di bawah FST UIN Walisongo ini harus dapat memahami dan mengamalkan kunci peningkatan kualitas tersebut sehingga visi dan misi FST dapat diwujudkan.

Sementara itu, dalam acara yang sama, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Dr. H. Ismail, M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai pegawai di lingkungan FST hendaknya senantiasa melaksanakan amanah dan tugas dengan baik dengan sistem koordinasi yang baik pula sehingga hasilnya dapat dirasakan lebih maksimal. Selanjutnya disampaikan juga bahwa salah satu tugas pimpinan adalah mengingatkan seluruh pegawai agar lebih disiplin dan memiliki etos kerja yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara berkelanjutan dan berjenjang. Amanah untuk dekan sangat banyak dan cukup berat diantaranya menilai dan memantau seluruh keluarga FST tanpa terkecuali mulai dari pimpinan, kaprodi, sekprodi, laboran, seluruh dosen, cados, dosen tetap non-pns, dosen biasa, dosen dengan tugas tambahan, tenaga kependidikan, dan tenaga kebersihan. Analoginya adalah FST merupakan sebuah kapal yang berisi orang-orang hebat yang senantiasa memperbaiki diri sehingga perjalanan dalam mencapai tujuan akan berjalan dengan baik tanpa kendala.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Dekan 1, Dr. Saminanto, S.Pd., M.Sc., juga menyatakan bahwa saat ini sedang masa penerimaan mahasiswa baru (PMB). Oleh karena itu, diimbau agar seluruh keluar besar FST menyukseskan PMB 2021/2022 sekaligus mengajak untuk selalu berpikir untuk kemajuan institusi ini. “Semua yang ada di FST inilah keluarga kita yang harus kita besarkan bersama dengan segala upaya,” ungkapnya mengakhiri sambutannya.

Tidak lupa dalam upaya meraih keberkahan, acara pembinaan pegawai tersebut dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Sekretaris Program Studi Pendidikan Fisika, Edi Daenuri Anwar, M.Si. Selanjutnya acara yang dipandu oleh Kepala Bagian Kepegawaian FST, Muh. Kharis, S.H., M.H. ini ditutup dengan harapan pembinaan ini menjadi semacam motivasi agar ke depan FST lebih unggul dalam segala bidang. (Humas FST)