Home / Profil

Profil

Fakultas Sains dan Teknologi resmi dibuka seiring dengan perubahan IAIN Walisongo menjadi Universitas Islam Negeri yang  di awali dengan  terbitnya  Peraturan Menteri Agama RI Nomer 54 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dan Peraturan Pemerintah Nomer 57 tentang Statuta Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.  Dua PP itulah yang mendasari  lahirnya Fakultas Sains dan Teknologi Walisongo Semarang.  Peresmian  Fakultas Sains Dan Teknologi  dilakukan langsung oleh Menteri Agama RI  Lukman Hakim Saifudin  pada tanggal  4 Nopember 2015.

Kehidupan Fakultas Sains selanjutnya adalah dengan dilantiknya Dekan Fakultas Sains dan Teknologi periode tahun  2015 – 2020  Dr. H. Ruswan, MA. Untuk melengkapi tata kelola pada Fakultas Sains dan Teknologi maka Dekan dibantu oleh para Wakil Dekan. Pelantikan para wakil Dekan dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2015 dengan SK Rektor  Nomor In. 06.0/R/KP.07.6/723/2015. Para wakil Dekan tersebut adalah (1) Waki l Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan dijabat oleh Dr. Lianah, M.Pd, (2) Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan  dijabat oleh Ismail, M.Ag, (3) Wakil Dekan Bidang Kemhasiswaan dan Kerjasama dijabat oleh Dr. H. Hamdani, M.Ag.

Untuk menopang berlangsungnya kegiatan   administrasi  akademik dan keuangan maka pada saat bersamaan dilantik pula pejabat eselon III dan eselon IV. Jabatan structural yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi adalah (1) Kabag TU yang dijabat oleh Dra. Hj. Siti Nurfaizah, MM, (2) Kasubag Aademik , Kemahasiswaan dan Alumni dijabat  oleh Machin, SE, M.Si, (3) Kasubag Administrasi Umum, Perencaan dan Keuangan dijabat oleh Drs. Ichsan Kusumatmaji , M.Ag. .

Fakultas Sains dan Teknologi membuka empat program studi  baru Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, serta  mengelola program  yang sebelumnya berada di Fakultas Tarbiyah( Pendidikan Matematika , Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika , Pendidikan Biologi ).

Dengan  lahirnya Fakultas Sains dan teknologi  dituntut pula adanya program studi/ jurusan yang menuntut pula hadirnya para Ketua Jurusan. Para Kajur  tersebut adalah (1) Dr. Hamdan Hadikusuma, S.Pd, M.Sc  selaku Kajur Pendidikan Fisika, (2) Yulia Romadiastri, S.Si, M.Sc selaku Kajur Pendidikan Matematika, (3) Dian Ayuning Tyas, M.Biotech selaku Kajur Pendidikan Biologi, (4)  R. Arizal Firmansyah, S.Pd, M.Si selaku Kajur Pendidikan Kimia, (5) Kusrinah, M.Si selaku Kajur Biologi, (6) Agus Sudarmanto, M.Si selaku Kajur Fisika, (7) Hj. Malikhatul Hidayah, M.Pd selaku Kajur Kimia, (8) Emy Siswanah , M.Scselaku Kajur   Matematika.

Untuk membantu kinerja para Kajur maka diangkatlah sekretaris jurusan untuk masing masing prodi/jurusan. Adapun nama sekjur adalah (1) Dian Triastari Armanda, M.Si selaku Sekjur Pendidika Biologi, (2) Edi Daenuri Anwar, M.Si selaku sekjur Pendidikan Fisika, (3) Wirda Udaibah, S.Si, M.Si selaku Sekjur Pendidikan Fisika, (4) Mujiasih, S.Pd, M.Pd selaku Sekjur Pendidikan Matematika, (5) Siti Mukhlisoh Setyawati, S.Si, M.Si selaku Sekjur Pendidikan Biologi, (6) Alwiyah Nurhayati , M.Si selaku sekjur Fisika, (7) Mulyatun, M.Si selaku sekjur Kimia, (8) Siti Maslihah, M.Si selaku sekjur Matematika.