Home / Berita Kampus / Peningkatan Kompetensi Laboran Master kerjasama Direktorat GTK Madrasah dan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo

Peningkatan Kompetensi Laboran Master kerjasama Direktorat GTK Madrasah dan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo

 Semarang – Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah bersama Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo menjalin kerjasama dalam kegiatan “Peningkatan Kompetensi Laboran Master”. Kegiatan ini berlangsung pada hari kamis s.d sabtu tanggal 22 s.d 24 Agustus 2019 di Hotel Aston Inn Pandanaran Semarang. Hadir dalam acara ini Direktur GTK Madrasah dan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah sebagai narasumber dengan materi Peningkatan Kompetensi Laboran dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Madrasah. Dilanjutkan materi Desain manajemen pengelolaan Laboratorium oleh narasumber kedua dari Pranata Laboratorium Pendidikan FST UIN Walisongo Sumiati, S.Pd.

Hari kedua materi dipaparkan oleh Widyastuti, S.Pd dengan materi Optimalisasi dan Pemanfaatan Lingkungan Madrasah untuk praktik siswa. Disambung oleh Anita Karunia Zustriani, S.Si dengan materi Kompetensi Kepribadian dan Profesional Kepala Laboratorium Madrasah.  Hadir pula Rektor UIN Walisongo Semarang yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Dr. H.M Mukhsin Jamil,M.Ag sebagai narasumber. 

“Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi para laboran dan lebih mengoptimalkan laboratorium Madrasah” tutur Sidik. Menurut Sidik Sisdiyanto, selaku Ketua Bidang Tata Usaha GTK Madrasah kegiatan peningkatan kompetensi laboran master ini dapat mengupgrade pengetahuan dan ketrampilan para laboran Madrasah.

Kegiatan pelatihan Laboran ini berskala Nasional. Sebanyak 65 peserta hadir dalam kegiatan ini. Peserta berasal dari perwakilan Madrasah seluruh Indonesia. Mereka bersemangat dan antusias mengikuti setiap sesi kegiatan. Diskusi dan materi berjalan sangat aktif dan menarik. Di akhir sesi ada kunjungan langsung ke Laboratorium Terpadu Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang.

Para peserta kegiatan dapat melihat secara langsung bagaimana pengelolaan laboratorium di Laboratorium Terpadu Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. Mereka juga diberikan pelatihan bagaimana mengoperasikan alat instrumen kategori 3 yang ada di laboratorium Terpadu Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo.

 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami para laboran Madrasah, semoga ada kegiatan seperti ini setiap tahun”, ujar Maya salah satu peserta kegiatan.

Laboran menjadi salah satu aspek penyokong keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di Madrasah. Sebagai sarana pengembangan ilmu, kompetensi dan meningkatkan profesionalisme laboran, setiap tahun Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah menyelenggarakan kegiatan pelatihan laboran. (admin)

About Admin Fakultas Sains dan Teknologi

Check Also

Tingkatkan kualitas Penelitian Tindak Kelas, Prodi Pendidikan Biologi Gandeng MGMP Madrasah Aliyah Kendal

Kendal – Prodi Pendidikan Biologi UIN Walisongo kembali jalin kerjasama dengan MGMP Biologi. Kerjasama kali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *