Breaking News
Home / Berita Kampus / MAHASISWA UIN WALISONGO SEMARANG KULIAH LAPANGAN KE CV VOLVA INDONESIA SLEMAN

MAHASISWA UIN WALISONGO SEMARANG KULIAH LAPANGAN KE CV VOLVA INDONESIA SLEMAN

Kamis 8 november 2018, sejumlah 31 mahasiswa jurusan biologi yang mengambil mata kuliah budidaya jamur makroskopis dan bioenterpreneurship  fakultas sains dan teknologi UIN Walisongo Semarang yang diketuai oleh Meilia Risma melakukan kegiatan observasi ke CV. Volva Indonesia (jejamuran). Kegiatan tersebut didampingi oleh 3 dosen pembimbing, yaitu Dr. Lianah, M.Pd, Siti Aesijah, M.Psi, dan Muhamad Munif  M.Si.

Pemberangkatan dilaksanakan pada pukul 06.00 WIB dengan titik kumpul di Kampus 1 UIN Walisongo. Dimulai dengan pembacaan do’a dan melantunkan asmaul husna bersama-sama.

Sampai di lokasi observasi pada pukul 10.00 WIB dan langsung  kelokasi yang dipandu lansung oleh bapak Arief   dari Agro jejamuran  di desa Pandawaharjo  Sleman  Jogyakarta

Kegiatan dimulai dengan perkenalan oleh pemandu kegiatan, beliau bernama Pak Arif. Sebelumnya mahasiswa sudah dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memudahkan dalam pembuatan laporan kunjungan. Pada mata kuliah budidaya jamur, tiap kelompok mempunyai tugas masing-masing. Yaitu mengamati cara budidaya jamur kuping (Auricularia auricularia), jamur merang (Volvariella volvacea), jamur lingzhi  (Ganoderma lucidum), jamur shitake (Lentinula edodes), jamur tiram (Pleurotus ostreatus jamur kancing  (Agaricus bisporus) serta macam olahan yang dibuat di kedai jamur. Untuk mata kuliah bioenterpreneurship  masing masing kelompok memiliki tugas, yaitu menganalisis usaha mengenai budidaya jamur, mencari tau tentang sejarah berdiri dan manajemen usahanya.

Kegiatan selanjutnya yaitu berkunjung sekaligus acara makan siang  ke kedai jamur yang bernama kedai jejamuran milik  CV. Volva Indonesia. Disana peserta observasi diperkenankan memesan menu olahan jamur yang disediakan sesuai dengan keinginan masing-masing. Disinilah beberapa kelompok dari mahasiswa yang mendapat tugas untuk mencari tau macam olahan jamur yang disediakan dan menganalisis usaha di kedai jamur tersebut. Kegiatan  berakhir dengan penyerahan kenang-kenangan berupa plakat yang diterima oleh pihak CV. Volva Indonesia. Rombongan bersiap-siap untuk pulang dan kembali ke UIN walisongo dengan hasil ilmu yang telah didapatkan. Alhamdulillah jam 19.00 sampai di kampus UIN walisongo

About Admin Fakultas Sains dan Teknologi

Check Also

OLIMPIADE SAINS MAHASISWA TINGKAT NASIONAL/ PTKI OLEH FAKULTAS SAINTEK UIN WALISONGO

Semarang – Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang pada hari selasa (16/10/2018) mengadakan Olimpiade …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *