Home / Berita Kampus / MAHASISWA FISIKA ANTUSIAS MENGIKUTI WORKSHOP MICROTREMOR

MAHASISWA FISIKA ANTUSIAS MENGIKUTI WORKSHOP MICROTREMOR

Selasa, 23 Oktober 2017 Program Studi Fisika mengadakan kegiatan Workshop Microtremor. Kegiatan ini di laksanakan dua hari dari tanggal 23-24 Oktober 2017 bertempat di ruang Laboratorium Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. Pemateri pada kegiatan ini yaitu Hendri Sulistiawan, S.Si yang merupakan Project Engineer PT. Andalan Tunas Mandiri. Laboratorium Fisika Fakultas Sains dan Teknologi mendatangkan alat baru yaitu Seismometer melalui anggaran pengadaan peralatan tahun 2017. Workshop ini dihadiri Ketua Program Studi Fisika bapak Agus Sudarmanto, M.Si yang sekaligus membuka acara Workshop Microtremor.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu mengenalkan kepada mahasiswa bagaimana mengoperasikan, menganalisis, mengolah data dan merawat/memelihara peralatan seismometer. Alat ini sangat berguna untuk mengukur getaran pada permukaan tanah. Hasil rekaman dari alat ini disebut seismogram. Alat modern menggunakan sensor elektronik, amplifier, dan alat perekam. Sebagian besar broadband meliputi berbagai frekuensi.

“Seismometer adalah instrumen yang mengukur gerakan tanah, termasuk gelombang seismik yang dihasilkan oleh gempa bumi, letusan gunung berapi, dan sumber gempa lainnya. Rekaman gelombang seismik memungkinkan ahli gempa untuk memetakan bagian dalam bumi, mencari dan mengukur ukuran sumber-sumber yang berbeda “ tegas Hendri.

Kegiatan Workshop microtremor ini dihadiri mahasiswa angkatan 2015, 2016 dan 2017. Adapun yang menarik kegiatan ini adalah mahasiswa dapat langsung menggunakan peralatan untuk uji coba/ praktikum di lapangan dengan pendampingan dari narasumber.

Adapun harapan kegiatan ini dapat dikembangkan dan ditingkatkan minat dan motivasi mahasiswa untuk lebih mendalami microtremor khususnya bagi mahasiswa yang mengambil bidang minat geofisika.

About Admin Fakultas Sains dan Teknologi

Check Also

MAHASISWA UIN WALISONGO PERINGATI HARI KARTINI DENGAN PENELITIAN DI CAGAR ALAM PAGERWUNUNG DARUPONO

Sabtu 21 April 2018 bertepatan  dengan hari Kartini sebanyak 35 Mahasiswa Biologi yang diketuai oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *