Breaking News
Home / Berita Kampus / Fakultas Saintek Gelar Stadium General Tentang Pentingnya Jaminan Produk Halal

Fakultas Saintek Gelar Stadium General Tentang Pentingnya Jaminan Produk Halal

Menjelang Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017, Fakultas Sains dan Teknologi menggelar Stadium General bagi mahasiswa, Selasa (28/2) di Aula 1 Kampus 1 UIN Walisongo.

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa ini dengan mengambil tema Pentingnya Jaminan Produk Halal. Selain Stadium General, kegiatan ini juga dilakukan Mujahadah dan  Pelantikan Ikatan Mahasiswa Peduli Halal (IMAPELA) yang dillantik lansung oleh Wakil Rektor Bidang III.

Pada sambutannya Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. H. Ruswan, MA, mengajak mahasiswa untuk meningkatkan budaya penelitian, salah satunya adalah budaya membaca. Pada zaman sekarang ini, perlu adanya penyeimbangan diri dalam menggunakan teknologi. Harapannya mahasiswa Fakultas Sainstek dapat memanfaatkan teknologi ini dengan sebaik-baiknya tandasnya.

Hal ini didasari dengan banyaknya mahasiswa yang menggunakan teknologi namun sudah mulai kurang memaksimalkannya. Harusnya dengan teknologi ini dapat membantu proses akademik, tambahnya.
Dalam Stadium General tersebut, sebagai  Narasumber adalah Dr. H. Ahmad Izzuddin, M.Ag. Dalam paparanya Ketua Walisongo Halal Research Center (WHRC) ini menyampaikan bahwa pada hakekatnya semua yang ada di dunia ini adalah halal, kecuali yang diharamkan (babi, darah, bangkai, maupun hewan yang disembelih tidak sesuai syariat Islam). Namun melalui sentuhan teknologi, maka produk-produk yang mengalami pengolahan bersifat subhat.

Sesuai dengan amanat UU No 33 Tahun 2014, semua produk yang beredar di Indonesia harus bersertifikat halal. Oleh karena itu perlunya mahasiswa mengerti tentang konsep kehalalan tersebut tambah Wakil Direktur LPPOM MUI Jateng ini.

Dengan adanya UU tersebut ada peluang yang sangat besar bagi lulusan Fakultas Sains dan Teknologi untuk berkarir di bidang yang dibutuhkan. Salah satunya adanya Auditor Halal Internal di perusahaan. Kedepannya diharapkan ada semacam pelatihan Sistem Jaminan Halal yang memberikan bekal bagi lulusan untuk mempunyai komptensi tersebut.

About Admin Fakultas Sains dan Teknologi

Check Also

SEMINAR NASIONAL MIPA 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *