Home / Berita Kampus / FST UIN Walisongo Mengadakan Workshop Pelatihan Jurnal Internasional

FST UIN Walisongo Mengadakan Workshop Pelatihan Jurnal Internasional

Tugas pokok dosen di Perguruan Tinggi (PT) atau yang sering disebut Tridarma PT terdiri dari tiga hal yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Khusus untuk penelitian, perlu adanya literasi dari seorang dosen tentang bagaimana cara mempublikasikannya di jurnal internasional.

Penelitian yang dipublikasi pada jurnal internasional biasanya berbentuk sebuah paper. Penulisan paper ini harus melalui beberapa langkah yang tepat agar mudah diterima. Oleh karena itu, diperlukan keterampilan tertentu untuk dapat menulisnya.

Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Walisongo Semarang pada hari senin (16/01/2016) mengadakan pelatihan jurnal internasional. Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas karya tulis yang dibuat oleh dosen.

Ruswan mengatakan, “Pelatihan jurnal internasional yang kita lakasanakan merupakan salah satu langkah yang diambil fakultas untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis karya ilmiah yang dapat diterbitkan di jurnal Internasional”

“Dosen FST sudah banyak melakukan penelitian namun belum semua hasil penelitiannya diterbitkan di jurnal internasional, dengan adanya pelatihan ini diharapkan mampu memberikan keterampilan kepada dosen agar mampu menerbitkan penelitiannya di jurnal internasional”, tambahnya

Pelatihan diberikan oleh pakar penulisan jurnal dari Universitas Diponegoro (Undip) yaitu Dr. Istadi. Beliau merupakan salah satu pengelola jurnal Internasional yang berada di UNDIP.

“Menulis jurnal internasional tidak sesulit yang kita bayangkan ketika sudah mengetahui langkahnya dengan baik”, kata Istadi.

Dia menambahkan, “Paper yang diterima di jurnal internasional harus memiliki kebaruan, aktual, bukan merupakan duplikasi dari penelitian sebelumnya, dan memiliki kontribusi terhadap komunitas saintifik” (red: Muhammad Izzatul Faqih)

About Admin Fakultas Sains dan Teknologi

Check Also

UIN Walisongo Gelar Ekspo Green Campus di Hari Keanekaragaman Hayati

Dalam rangka memperingati Hari Biodiversity yang jatuh pada tanggal 22 Mei, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *