Breaking News
Home / Berita Kampus / Fakultas Saintek Beri Pembekalan PPL kepada Mahasiswa

Fakultas Saintek Beri Pembekalan PPL kepada Mahasiswa

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan media bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan dasar profesi. PPL diaplikasikan dalam bentuk praktik mengajar dan kegiatan edukasional lainnya di lembaga sekolah. Sebelum pelaksanaan PPL semester Genap 2016/2017, di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, pada Selasa (10/1) mengadakan Pembekalan PPL yang diikuti 14 mahasiswa. Pada kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap semester yang diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa yang akan mengikuti PPL.

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini antara lain adalah gambaran umum PPL, mekanisme pelaksanaan PPL, dan hal-hal yang berkaitan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah/madrasah yang ditempati.

Dr. Lianah, M.Pd., Wakil Dekan 1, berharap kegiatan pembekalan PPL ini dapat meningkatkan kualitas dan wawasan pengetahuan mahasiswa tentang PPL. Beliau juga menekankan bahwa mahasiswa harus mengikuti apa saja yang sudah menjadi aturan di tempat PPL. Lianah juga menambahkan bahwa harapannya mahasiswa mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu yang diperoleh di bangku sekolah.

Materi lain juga disampaikan oleh Drs. Purwanto, M.Pd, Wakil Kepala Bidang Kurikulum Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kendal, tentang kurikulum terbaru yang diberlakukan di sekolah. “Sejatinya kurikulum selalu berkembang berdasarkan beberapa evaluasi. Yang terbaru perubahannya kurikulum 2013 revisi ada pada UU No. 20, 21, 22, 23 dan 24 tahun 2016” guru Fisika di MAN Kendal ini.

Salah satu peserta Pembekalan PPL, Sofiana, menuturkan pembekalan ini baik untuk kesiapan peserta di lapangan. “Banyak bekal yang diberikan agar praktik di lapangan berjalan lancar. Materinya bagus, dan tentu saja informasi mengenai PPL semakin jelas”, tutur mahasiswa jurusan pendidikan kimia.

Pelaksanaan PPL akan dilaksanakan di 2 tempat, yaitu di MAN Kendal dan MTsN 2 Semarang. PPL pada semester ini berasal dari mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Kimia.

About Admin Fakultas Sains dan Teknologi

Check Also

SEMINAR NASIONAL MIPA 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *