Semarang – Olimpiade kimia rutin HMJ Kimia UIN Walisongo, Walisongo Chemistry Olympiad 2019 yang mengusung tema The Role of Student to Achieve Sustainable Development Goals telah terlaksana. Pelaksanaan Walisongo Chemistry Olympiad atau yang biasa dikenal dengan WCO Sabtu (21/12) merupakan babak semifinal dan final bagi peserta olimpiade yang telah lolos pada babak penyisihan regional pada 14 Desember 2019 lalu.

Tahun ini untuk pertama kalinya penyelenggaraan WCO dilakukan se Jawa Tengah-DI Yogyakarta dengan sistem regional yang terdiri dari: regional Semarang yang berlangsung di Gedung Q Kampus 2 UIN Walisongo, regional Solo berlangsung di MAN 1 Surakarta, regional Yogyakarta berlangsung di UIN Sunan Kalijaga, regional Pekalongan berlangsung di MAN 1 Kota Pekalongan, dan regional Purwokerto berlangsung di Universitas Jenderal Soedirman.

Babak seleksi regional dibuka secara resmi melalui sambutan Ketua prodi kimia, Malikhatul Hidayah, M.Si di regional Semarang, sedangkan pada babak semifinal dan final dibuka secara resmi oleh ketua jurusan pendidikan kimia, Atik Rahmawati, S.Pd., M.Si.

Penyelenggaraan dengan sistem regional ini telah mampu menarik perhatian sebanyak 67 peserta SMA/MA se Jawa Tengah-DI Yogyakarta yang kemudian diseleksi sampai didapatkan sebanyak 36 peserta terbaik yang terdiri dari 2 peserta terbaik tiap regional dan 16 peserta terbaik paralel.

Tahapan pelaksanaan WCO ini meliputi ujian tulis pada babak seleksi regional dan semifinal, sedangkan pada babak final, diambil sebanyak 3 peserta terbaik untuk mengikuti lomba cerdas cermat dan praktikum. Tiga orang juara Walisongo Chemistry Olympiad 2019 yaitu, juara 3 diraih oleh Kevin Setiadi dari SMA Sedes Sapientiae Semarang, juara 2 diraih oleh Wahyudin RR dari MA Al Hikmah 2 Brebes, dan juara 1 diraih oleh Nailul Farikhah dari MAN Demak.

Sebagaimana tujuan dari pelaksanaan Walisongo Chemistry Olympiad yaitu untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa SMA/MA sederajat di bidang kimia dan untuk memperkenalkan jurusan kimia UIN Walisongo kepada masyarakat, diharapkan melalui pelaksanaan WCO ini dapat menambah eksistensi HMJ Kimia dan jurusan kimia UIN Walisongo di mata masyarakat.

[Tim Humas FST]