Home / Berita Kampus / Jurusan Kimia Adakan Seminar Nasional: Water Treatment dan Publikasi Ilmiah

Jurusan Kimia Adakan Seminar Nasional: Water Treatment dan Publikasi Ilmiah

Semarang-(6/12/2019) Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi adakan Seminar Nasional yang diselenggarakan di aula I lantai 1 kampus I UIN Walisongo Semarang. Terdapat 3 materi yang dibahas dalam Seminar Nasional ini, yakni Water Pollution oleh Dr. Yacouba Sanou Dosen dari University Joseph KI-ZERBO, Burkina Faso; PengolahanAir Limbah oleh Malikhatul Hidayah, ST, M.Pd Dosen sekaligus Ketua Jurusan Kimia dari UIN Walisongo Semarang; dan Publikasi Ilmiah oleh Dani Puji Utomo, ST, MT. peneliti muda dari Universitas diponegoro.


Acara ini dimulai pukul 08.00 WIB dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Ismail, M.Ag. ia memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara karena sudah berusaha maksimal. Ia juga memberikan apresiasi karena dalam Seminar Nasional ini bisa menghadirkan pemateri dari luar Negeri. Tak hanya itu, dalam sambutannya ia juga menguraikan mengenai pentingnya Air bagi kehidupan manusia yang mana saat ini banyak tercemar dan akan terjadi kelangkaan jika tidak di treatment dan di manage dengan baik dan benar. Selain itu, ia juga menjelaskan mengenai pentingnya publikasi ilmiah untuk mewujudkan salah satu visi UIN Walisongo Semarang sebagai Research Campus.


Materi pertama disampaikan oleh Dr. Yacouba Sanou. Ia menjelaskan mengenai hasil penelitiannya yang dilakukan di sungai MouHoun, Burkina Faso. Dalam penelitiannya disebutkan bahwa perubahan iklim dapat mempengaruhi kualitas air sunga Mouhoun, sehingga menimbulkan akibat dalam berbagi bidang, baik dalam bidang sosial, ekonomi, maupun lingkungan. Kemudian materi kedua dilanjutkan oleh Dani Puji Utomo, ST, MT. Yang menjelaskan mengenai tips dan trik agar karya ilmiah dapat terpublikasi pada jurnal bereputasi tingkat nasional maupun Internasional. Ia juga menjelaskan mengenai pentingnya publikasi Ilmiah untuk memberikan kebermanfaantan informasi hasil penelitian kepada masyarakat maupun civitas akademika.

“Hasil penelitian jika tidak dipublikasikan akan kurang kebermanfaatannya, karena masyarakat luas tidak bisa mengakses hasil dari penelitian yang telah dilakukan. Selain itu, publikasi ilmiah juga penting karena menjadi syarat kenaikan jenjang karir, khusunya untuk para dosen.” Jelas Dani Puji Utomo.

Materi ketiga disampaikan oleh Malikhatul Hidayah, ST, M.Pd yang menjelaskan cara pengolahan limbah Air dari perbagai pencemar, juga bahan yang bisa digunakan untuk meremediasi air yang tercemar. Seminar berakhir pukul 12.00 setelah sesi tanya jawab dari peserta dan foto bersama.

About Admin Fakultas Sains dan Teknologi

Check Also

Matangkan Persiapan Perkuliahan Semester Baru, Dekan FST UIN Walisongo beri arahan kepada Tenaga Kependidikan

Semarang – Pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo adakan koordinasi dengan Tenaga Kependidikan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *