Home / Berita Kampus / KULIAH UMUM: MAHASISWA MILENIAL WAJIB CAPAI PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK

KULIAH UMUM: MAHASISWA MILENIAL WAJIB CAPAI PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK

Semarang – Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang adakan kuliah umum di Auditorium Kampus 1 UIN Walisongo Semarang. Jum’at (1/11/2019). “Peran Mahasiswa Kepada Institusi di Era Milenial” menjadi tema besar pada Kuliah umum yang dihadiri 200 mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi ini.

Ketua Program Studi Matematika, Emy Siswanah, M.Sc dalam sambutan pembukaan berharap kuliah umum ini dapat menjadikan para mahasiswa semakin berperan aktif dalam memajukan institusi.
“Saya berharap para mahasiswa dapat menyerap ilmu dengan baik pada kuliah umum ini, sehingga kedepan semakin dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas program studi”, jelasnya.

Bertindak sebagai Narasumber pada kuliah ini adalah Dr. Abdurakhman, M.Si., ketua program studi Statistika Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta. Dalam paparannya beliau menjelaskan dan memotivasi kepada seluruh mahasiswa bagaimana sikap yang harus diambil dalam rangka peningkatan mutu institusi.

“Prestasi mahasiswa pada saat kuliah dan kesuksesan mahasiswa setelah lulus merupakan indikator keberhasilan program studi, sehingga para mahasiswa harus mulai memikirkan apa yang harus dilakukan setelah lulus sejak semester awal studi “, paparnya.

Beliau menyampaikan bahwa mahasiswa harus memberikan kontribusi kepada prodi dengan cara memberikan prestasi. Mahasiswa dapat berprestasi dalam bidang akademik maupun nonakademik.

“Di era milenial ini, banyak cara yang dapat ditempuh mahasiswa untuk meraih prestasi. Misalnya mengikuti lomba essai, inovasi media pembelajaran, inovasi teknologi pembelajaran, publikasi ilmiah mahasiswa”, jelas Abdurakhman.

Abdurakhman, yang merupakan ketua Prodi Statistika sejak tahun 2011 ini mengungkapkan bahwa prestasi mahasiswa merupakan salah satu indikator penilaian dalam akreditasi program studi.

Lebih jauh ia juga menegaskan bahwa di era milenial ini, akreditasi prodi telah menggunakan instrumen baru yg mulai diberlakukan sejak 1 April 2019. “Instrumen baru ini pada bidang mahasiswa menitikberatkan pada prestasi mahasiawa, publikasi ilmiah mahasiswa, dan karya mahasiswa yg menjadi rujukan orang lain”, paparnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh Emy Siswanah M.Sc kepada Dr Abdurahman M.Si dan foto bersama para mahasiswa dan dosen yang hadir.

About Admin Fakultas Sains dan Teknologi

Check Also

Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo ikuti Short course di Monash University, Australia

Semarang – Salah satu dosen Fakultas sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang, Ratih Rizqi Nirwana, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *