Breaking News
Home / Berita Kampus / Kaprodi dan Sekprodi FST PTKIN Se-Indonesia bahas Pengembangan Kurikulum Pendidikan MIPA dan Sains

Kaprodi dan Sekprodi FST PTKIN Se-Indonesia bahas Pengembangan Kurikulum Pendidikan MIPA dan Sains

Semarang – Para Ketua Prodi dan Sekretaris Program Studi Pendidikan dan Sains MIPA di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) membahas pengembangan kurikulum dalam kegiatan FGD Forum Dekan Nasional PTKIN yang dihelat oleh Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang (4/10)

FGD ini digelar di Guntur 1 & 2 Hall Hotel Grasia Kota Semarang. Pengembangan Kurikulum dibahas dalam dua kelompok diskusi yang terdiri dari Kelompok Program Studi Pendidikan dan Kelompok Studi Sains.

Ketua tim diskusi Kelompok Studi Pendidikan, Drs. Listiyono, M.Pd, mengatakan FGD ini digelar untuk keperluan pengembangan kurikulum dalam program studi pendidikan MIPA yang ada di lingkungan perguruan tinggi keagamaan islam negeri, agar sesuai dengan standar yang telah diatur dalam regulasi perundang-undangan tentang pengelolaan program studi pendidikan di Universitas.

Perubahan yang mendasar dalam pengembangan kurikulum adalah penyesuaian KKNI terkini yang mengatur mengenai Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yang telah diatur dalam Permenristekdikti No 55 tahun 2017 Tentang Standar Pendidikan Guru, dan PMA No 15 tahun 2018 tentang LPTK.

“Pengembangan kurikulum Program Studi Kependidikan di PTKIN perlu upaya bersama untuk selaras dengan Standar Nasional, terutama mengenai produk kurikulum terbaru yang mengatur PLP dalam Pendidikan Keserjanaan Pendidikan” Ujar Drs. Listiyono, M.Pd

Para peserta yang merupakan para Kaprodi dan Sekprodi Pendidikan MIPA sesuai menerima materi dari narasumber, melakukan diskusi dan merumuskan substansi-substansi pokok yang harus diinternasilasi dalam pengembangan kurikulum Pendidikan MIPA.

Sementara itu, FGD pada kelompok Diskusi Program Studi Sains MIPA yang diketuai Malikhatul Hidayat, S.T, M.T membahas mengenai Profil Lulusan dan Capaian pembelajaran terkini pada program studi sains.

“Pengembangan Kurikulum di bidang sains dan Teknik pada FGD kali ini memfokusikan perumusan Profil lulusan dan capaian Pembelajaran, hal demikian agar dapat disesuikan dengan pengembangan kurikulum terkini” Ujarnya

Kelompok studi sains yang terdiri dari berbagai macam program studi di bidang Matematika, Sains dan Teknik ini, pada akhir diskusi merumuskan dan mempresentasikan beberapa capaian pembelajaran, khususnya dalam kompetensi umum dan khusus yang ada pada masing-masing program studi.

About Admin Fakultas Sains dan Teknologi

Check Also

Perkuat Kapasitas, Kajur dan Sekjur Fakultas Sains dan Teknologi ikuti Capacity Building

Karanganyar – Dalam rangka meningkatkan kapasitas Kepemimpinan, khususnya dalam bidang Pengelolaan Jurusan di Fakultas Sains …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *