Breaking News
Home / Berita Kampus / Bahas Tren Riset terkini di Era Industri 4.0, FST UIN Walisongo Gelar Seminar Internasional

Bahas Tren Riset terkini di Era Industri 4.0, FST UIN Walisongo Gelar Seminar Internasional

Semarang – Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo menggelar Seminar Internasional, 5 Oktober 2019 di Hotel Grasia Semarang. Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Imam Taufiq dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan seminar internasional ini sangat baik untuk mendukung perkembangan dan peningkatan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah dalam bidang Sains dan Teknologi di Indonesia.

“Kegiatan seminar internasional seperti sangat penting dilakukan, kita perlu untuk terus mendisukikan secara ilmiah potensi-potensi apa saja yang dapat dikembangkan dalam bidang Sains dan Teknologi” Ungkap Prof Imam Taufiq

Prof Imam Taufiq menekankan bahwa Even Seminar internasional semacam ini memberikan sinyal positif dalam pengembangan publikasi ilmiah pada pendidikan tinggi Islam di Indonesia. Lebih lanjut ia menambahkan bahwa beberapa tahun ke belakang produktifitas Riset di Indonesia telah berkembang dengan baik.

“Berdasarkan data publikasi terindex scopus, tahun lalu para peneliti di Indonesia menghasilkan lebih dari 28.000 publikasi Ilmiah terindex scopus. Hal demikian ini sangat meningkat tajam dibanding tahun 2014, dimana Indonesia saat itu hanya 7000 artikel ilmiah yang terindex Scopus” Tambah Prof Ima Taufiq

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang, Dr. Ismail, M.Ag mengatakan, kegiatan yang bertajuk “International Scientific, Educational and Technological Confrence 2019”, (ISET-Con) ini adalah salah satu respon FST UIN Walisongo dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dan bahkan nanti saat terjadinya era revolusi 5.0 dimana dibutuhkan pengembangan Pengetahuan Ilmu pengetahuan yang mampu mengintegrasikan antara manusia dan mesin dalam kemajuan zaman.

“Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo, merasa perlu untuk terlibat dalam diskursus mengenai beberapa studi terkait revolusi industri 4.0 dan 5.0” Ungkap Dr. Ismail.

“Kami percaya bahwa pengetahuan yang ditransfer dalam seminar ini akan meningkatkan kesiapan para akademisi dan pemangku kepentingan lainnya, untuk menyiapkan perubahan-perubahan yang selaras dengan dinamika yang akan terjadi di masa depan” Tambahnya.

Materi seminar internasional akan disampaikan oleh tiga narasumber yaitu; Prof. Tetsuo Soga, Ph.D (Nagoya Intitute of Technology), Prof. Hadi Nur, Ph.D (Universiti Teknologi Malaysia), Prof. Dr. Muhammad Zarlis (Universitas Sumatera Utara) dan pandu oleh moderator Dr. Stalis Norma Ethica, S.Si, M.Si (Universitas Muhammadiyah Semarang). Peserta pemakalah yang turut berpartisipasi pada kegiatan ini hadir dari berbagai macam Universitas di Indonesia.

 

About Admin Fakultas Sains dan Teknologi

Check Also

Perkuat Kapasitas, Kajur dan Sekjur Fakultas Sains dan Teknologi ikuti Capacity Building

Karanganyar – Dalam rangka meningkatkan kapasitas Kepemimpinan, khususnya dalam bidang Pengelolaan Jurusan di Fakultas Sains …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *