Semarang – Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang menjadi tuan rumah acara forum Dekan Saintek PTKIN Kementerian Agama 2019. Acara yang diikuti oleh para pimpinan Fakultas Saintek se-Indonesia tersebut digelar pada hari Jum’at (4/10) di Hotel Grasia Semarang.

Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. H. Imam Taufiq membuka acara yang pada tahun ini mengangkat tema Revitalisasi Laboratorium, Kolaborasi Penelitian dan Pengabdian, Serta Integrasi Sains dan Islam ini. Dalam sambutannya Prof. Imam Taufiq menyambut baik acara tahunan yang mempertemukan para pimpinan di Fakultas Sains dan Teknologi di PTKIN ini.

 

“Agenda pertemuan seperti ini sangat penting untuk kemajuan Fakultas Sains dan Teknologi di Lingkungan PTKIN, dengan ini masing-masing kita dapat membahas isu-isu terkini dalam bidang Sains dan Teknologi, terutama dalam menghadapi tantangan dan peluang Revolusi Industri 4.0” Ungkap Rektor UIN Walisongo

Sementara itu, Dekan FST UIN Walisongo Semarang Dr. Ismail M.Ag dalam sambutannya menambahkan “Semoga Fakultas Sains dan Teknologi di PTKIN dapat terus sinergis dan berkelanjutan dalam mengembangkan bidang keilmuan sains dan teknologi” Harap Dekan FST UIN Walisongo

Agenda tahunan pada Fakultas Saintek di Perguruan tinggi keagamaan Islam negeri kali ini menghadirkan Dr. Suwendi, M.Ag sebagai pembicara awal pada forum Group Disscusion para pimpinan di Fakultas Saintek.

Dr. Suwendi membahasa mengenai peluang Sains dan Islam dalam perkembangan ilmu pengetahuan terkini. Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag tersebut menghimbau agar para akadmisi di bidang Sains dan Teknologi di PTKIN untuk terus produktif dalam menghasilkan penemuan-penemuan baru yang dapat membantu program-program kerja Pemerintah.

Seusai pemberian materi oleh Dr. Suwendi, Para peserta forum Dekan berdiskusi sesuai bidang masing-masing program studi di Fakultas Sains dan teknologi. Acara Forum Dekan dilanjutkan dengan kegiatan Seminar Internasional mengenai tren dan hasil penelitian-penelitain terkini di bidang sains dan Teknologi dam Gala Dinner bersama Walikota Semarang pada hari sabtu (5/10), dan dilanjutkan pada hari minggu (6/10) dengan kegiatan City Tour mengunjungi beberapa tempat pariwisata di Kota Semarang.